Politisasi Kampus….

Istilah “Politisasi Kampus” biasanya digunakan ketika ada usaha-usaha atau kegiatan bersifat politik praktis yang berasal dari eksternal terhadap kampus. Tapi tanpa disadari secara internal banyak sikap, pola dan perbuatan mengadopsi cara-cara politik. Atau dengan kata lain banyak yang berperan seperti seorang politikus, he..he.. ^_^. Kalau ini terjadi maka amat sangat disayangkan (Upin & Ipin said: “iiss-iisss-iiiss….”)

Dunia kampus itu sangat unik dan auranya sangat universal. Nilai-nilai etika, cara pengelolaan dan hubungan inter-personal termasuk komunikasinya sangat dijunjung tinggi. Kepercayaan, Kemitraan dan Pembinaan (KKP) menjadi referensi utama dalam segala aktifitasnya. Hubungan dosen-mahasiswa, dosen-karyawan, karyawan-karyawan, mahasiswa-mahasiswa, pejabat dan pimpinan-civitas akademika, apalagi antara pejabat/pimpinan mesti menjunjung nilai-nilai KKP tersebut.

Amat disayangkan jika antara pejabat menerapkan cara-cara politik dalam memutuskan sesuatu. Keputusan politis hanya ada di dunia politik, bukan di dunia pendidikan. Yang ada adalah keputusan intelektual-akademik dan keputusan lainnya. Keputusan yang dikeluarkan oleh orang-orang dengan intelektualitas tinggi dalam koridor akademik jika menyangkut urusan akademik. Dan keputusan bersifat intelektual-manajemen jika ingin memperbaiki suatu sistem. Tapi tetap berbasis intelektual. Jangan berbasis politik.

Pasti terasa menakutkan (kaya hantu aja) jika sampai ada dosen yang menggunakan cara-cara politis dalam melaksanakan pembelajaran (uuggghhh…gawat tuh), riset bahkan pengabdian kepada masyarakat. Rasanya tidak bisa terpikirkan cara-cara seperti itu. Tidak ada keputusan standar ganda, atau keputusan-keputusan yang harus dipahami dengan basis politik. Komunikasi inter-personal dalam dunia pendidikan seperti jalan tol. Bebas hambatan. Mudah-mudahan tidak akan terjadi lagi usaha-usaha, cara, dan sikap yang bersifat politis di dunia kampus (amiiiiiiiiinn…. v_v)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: