Chatt n Fun di mIRC


1. Mengetahui status online lawan chatting
Seringkali kita merasa tidak mendapat respon saat chatting, nah! pastikan apakah anda benar-benar dicuekin atau ngga direspon lewat perintah:
/ctcp [nama nick] finger
contoh : /ctcp Aruka finger
[05:03] -> [Aruka] FINGER
[05:03] [Aruka FINGER reply]: aruka (Aruka@yahoo.com) Idle 6942 seconds

nah, dari hasil reply tsb, maka kita dapat memperoleh informasi bahwa nick tersebut sudah idle selama 6940 detik, idle ini maksudnya si Aruka nggak ngetik keyboard, nggak tau tuh,mungkin lupa nutup mIRCnya.
tapi kalau reply fingernya diperolah informasi “idle 0 seconds”, berarti kita benar-benar dicuekin, jadi lupakan saja deh ya! cari lagi yang lain..hehehe.
kita juga bisa mengetahui email-address seseorang lho, coba perhatiin deh reply fingernya..

2. Mau download lagu MP3?
biasanya lagu2 “bajakan” yang baru dirilis paling cepat dipublish lewat IRC, sebab prosedurnya mudah dan nggak bertele-tele. cukup taruh di harddisk pada folder tertentu, tinggal kirim deh.
nah! caranya: kita join ke channel2 MP3, rekomendasi saya:
#indomp3, #indomp3z, #cablemp3, #mp3, #mp3z.

kemudian ketik perintah untuk mencari lagunya dengan :
perintah : @locator [judul lagu atau artis]
kita tinggal tunggu aja, bila ditemukan maka akan muncul private/query message ke kita,..nah! copy dan paste aja ke channel.
tunggu, dan nantikan DCC-Sessionnya,
nih lihat contohnya.

@locator sheila_dan Matches for *SHEILA*DAN* Copy and paste in channel to request a file (Slot:3/10) (Que:0/15) in use !tollesthi sheila on 7 – dan (acoustic).mp3 ::INFO:: 4.5MB !tollesthi SheilaOn7 – Dan.mp3 ::INFO:: 5.0MB ….. Total files found 1

sekarang tinggal copy “!tollesthi sheila on 7 – dan (acoustic).mp3” dan paste di channel tsb.
tunggu saja prosesnya.
mudah bukan?

3. Gimana sih bikin tulisannya bisa warna-warni, huruf tebal, underline?
gampang kok! gini caranya..
Sebelum mengetik text, pencet kombinasi tombol Ctrl-K, setelah itu akan keluar “mIRC color index” dan pilih aja warnanya.
misalnya kita mau kasih warna biru ketik: Ctrl-K 12 halooooo
bisa juga dikasih background color,cukup dipisahkan dengan “koma”, lalu pilih warnanya, enjoy it!

Ctrl B = Bold (huruf tebal) Ctrl U = Underline (huruf dengan garis bawah)

4. Saya ingin menyimpan hasil percakapan saya, caranya?
klik kanan pada channel/nick bar, pilih buffer, kemudian save-as
atau sebelumnya klik “LOGGING” dan biasanya disimpan di direktori mirc\log

5. Terkadang kita sering melewati sebuah percakapan penting, nah! jangan ulangi lagi, manfaatkan saja fitur “FLASHING” dan “BEEPING”. mIRC akan berkedip-kedip dan mengeluarkan suara “beep” bila ada pesan baru.
caranya sama seperti dipoint 4, klik kanan dan pilih “FLASHING” dan “BEEPING”

6. ketahui informasi tentang lawan bicara kita dengan “/whois” dengan demikian kita bisa tau dimana dia online
contoh:
/whois Aruka
Aruka is Abimanyu@212.165.175.82 * Intersat49
Aruka on #cafeislam #alif #citraislam #islamkampus #islamika @#intersatnet
Aruka using wombat.va.us.dal.net SkyTelecomm – Telecomm for today’s changing world.
Aruka has been idle 3mins 13secs, signed on Wed Feb 27 05:36:01
Aruka End of /WHOIS list.

7. Untuk mengetahui seberapa cepat pesan kita sampai ke server/user, gunakan “/ctcp [nickname] ping”
contoh:
/ctcp Aruka ping
[06:18] [Aruka PING]
[06:18] [Aruka PING reply]: 1sec

informasi tsb, artinya Aruka merespon setelah 1 detik setelah kita mengirimkan “ping” dan mengirimkan “pong” ya..ping-pong
gitu lah..

8. Manfaatkan kombinasi tombol ALT dan ANGKA untuk berpindah window di mIRC, ALT+1 untuk window1, ALT+2 untuk window2, demikian seterusnya, jadi kita nggak perlu repot2 ngeklik pakai mouse, rasakan saja bedanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: