Rasi Bintang

Dan Lukisan Langit pun Berubah

Do you know, di kubah langit bintang tidak diam saja? Ini bukan soal terbit-tenggelam atau rasi apa dilihat pada bulan apa. Pernah membayangkan atau bertanya-tanya apakah neneknya neneknya neneknya … nenekmu melihat rasi Leo Sang Singa, misalnya, sama persis dengan apa yang kita lihat pada zaman sekarang?

<!–

–>


“20 000 Mil di Bawah Laut” dan Gubuk Penceng: Sebuah teka-teki astronomi

“Le lendemain, 22 mars, à six heures du matin, les préparatifs de départ furent commencés. Les dernières lueurs du crépuscule se fondaient dans la nuit. Le froid était vif. Les constellations resplendissaient avec une surprenante intensité. Au zénith brillait cette admirable Croix du Sud, l’étoile polaire des régions antarctiques.” –Jules Verne, Vingt Mille Lieues sous les mers: Deuxième partie, Chapitre XV, Accident ou incident ?

<!–

–>


LEO, Sang Singa Raja Langit

Tugas pertama dari dua belas tugas yang diberikan oleh Dewi Hera pada Herkules adalah membunuh singa raksasa Nemea yang sangat terkenal akan kebuasannya. Begitu perkasanya Singa Nemea itu hingga panah Hercules pun mental.

<!–

–>


Sagittarius Sang Pemanah

Dalam mitologi Yunani dikenal Centaur, makhluk setengah manusia-setengah kuda. Centaur adalah makhluk jahat yang buas, tidak dapat dipercaya, dan suka sekali mabuk. Tetapi ada satu Centaur yang sangat berbeda dari kumpulannya. Chiron, begitu ia dinamai, bertabiat baik, lembut, dan bijak. Terkenal akan bijaknya, banyak anak-anak raja yang dikirim untuk berguru padanya, untuk diajarkan segala bijak-budi

<!–

–>


Rigel – Kentaurus, Bintang-nya Langit Selatan

Apa yang membuat langit selatan itu begitu istimewa? Buat saya, jawabannya karena langit selatan punya satu bintang yang sangat unik, namanya Alpha Centauri (a Cen /a Centauri/ Rigil Kentaurus). Gampangnya, saya akan memanggilnya sebagai Rig-K, kenapa? Ya karena suka saja. Nama Rigil Kentaurus sendiri berasal dari bahasa Arab, Al Rijl al Kentaurus, yang artinya “kaki.

<!–

–>


Scorpius Si Kalajengking Pembunuh

Alkisah ada seorang pemburu yang gagah perkasa bernama Orion. Suatu waktu ia pergi ke Pulau Kreta dan menghabiskan waktunya disana dengan berburu, ditemani oleh Dewi Artemis dan Leto.
Sang pemburu sangat percaya diri akan kemampuan berburunya dan yakin bahwa ia mampu mengalahkan dan membunuh segala macam makhluk buas yang ada di muka Bumi. Mendengar ini.

<!–

–>


Misteri Candi Borobudur (teaser)

Ada dugaan bahwa ketika borobudur dibangun, masih terlihat polaris dari daerah itu. Polaris kini dikenal sebagai bintang utara karena bintang ini adalah bintang paling terang pada rasi ursa minor dan paling dekat dengan kutub utara.
Borobudur pernah dilupakan karena dahulu kala ketika pertama kali ditemukan oleh Belanda, candi ini tertutup oleh semak belukar. Area tersebut memang

<!–

–>


Berburu nebula di bulan Juni

Rasi Scorpius dan JupiterSaya mengeluarkan teleskop untuk berburu nebula pada kamis malam, 14 Juni 2007, saat langit Bandung cerah tak berawan. Hari yang tepat untuk melakukan pengamatan. Meskipun tanpa instrumen pembantu, dengan mata telanjang saja kita sudah dapat mengenali objek-objek langit malam itu. Apalagi jika dibantu dengan binocular apalagi teleskop. Apalagi kalau ingin mengabadikan momen.

Orion, Pemburu Perkasa Di Langit Malam

Jika kita tengok langit malam pada bulan Januari-Februari akan tampak sebuah pola rasi bintang yang jelas: tiga buah bintang cukup terang, terletak sejajar, ditemani bintang-bintang terang di atas-bawah, kanan-kirinya. Orang pun langsung mengenali pola ini sebagai Orion, salah satu rasi bintang yang populer. Begitu populernya ia hingga dikenali oleh berbagai peradaban kuno manusia. Berbagai cerita

<!–

–>


Penghuni Langit Malam

Agaknya semua orang setuju bahwa memandangi langit bertaburan cahaya bintang menimbulkan suatu perasaan tertentu dalam diri manusia. Bagi orang yang sedang kasmaran, langit malam sering menjadi inspirasi dalam mengekspresikan rasa hatinya. Tidak percaya? Coba hitung ada berapa buah lagu yang melukiskan keindahan langit malam. Sebut saja yang terkenal diantaranya Stardust yang dipopulerkan oleh Nat King

<!–

–>


Menjadi Astronom (Amatir)

Siapa saja yang disebut dengan astronom amatir? Semua orang yang punya rasa ingin tahu akan antariksa dan alam semesta sudah pantas disebut sebagai astronom amatir. Ketika seseorang memandang langit dan menyadari indahnya tatanan bintang yang dapat dibentuk-bentuk menjadi rasi, bulan yang menyinari langit malam dan jika beruntung dapat melihat meteor shower yang melintas, mereka yang

<!–

–>


Astronomi & Astrologi, Serupa Tapi Tak Sama

Apa yang ada di benak Anda jika mendengar kata astronomi? Pengalaman penulis baik selama menjadi mahasiswa astronomi di ITB maupun saat bertugas menjadi penceramah publik tentang astronomi di Observatorium Bosscha, apabila bertemu dan berinteraksi dengan masyarakat kita, masih banyak yang menyamakannya dengan astrologi. Nama-nama zodiak semisal Pisces, Sagittarius, Libra, ataupun Aries seringkali dihubungkan dengan horoskop

<!–

–>


Manusia Setengah Kuda

Dalam kisah mitologi Yunani dikenal centaur, makhluk setengah manusia setengah kuda. Kepala dan badannya manusia namun pinggang dan kakinya kuda. Mungkin anda pernah melihatnya di serial televisi Herkules yang diputar salah satu televisi swasta saban minggu. Makhluk inilah yang bisa kita lihat menghiasi langit malam selatan pada bulan-bulan tertentu sebagai pola rasi bintang, Centaurus.
Rasi Centaurus

<!–

–>


Layang – Layang di Langit Selatan

Bagi kita yang tinggal di Indonesia mungkin pernah pada suatu waktu menemukan bintang-bintang membentuk pola layang-layang di langit malam. Tidak salah lagi itulah rasi bintang layang-layang, rasi yang paling terkenal di langit belahan bumi selatan. Orang barat lebih mengenal rasi ini sebagai rasi bintang salib selatan atau yang dalam bahasa latinnya dikenal sebagai Crux (salib-red.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: