Harajuku Hairdo

Berapa ongkosnya kalo pengen rambutmu bergaya ala Harajuku?

Anda ingin punya hairdo seperti ini?

hairdo1.jpg

Di Tokyo, anda akan sering berjumpa dg cowo2 dg berbagai profesi yang berpotongan rambut seperti itu. Banyak diantara “salary man” (pekerja kantoran) yang masih muda2 punya hairdo spt itu. Dengan jas dan dasi (pakaian standar pekerja Jpn), rambutnya stylish. Gak kebayang kalo ngantor di Jakarta jadi Junior Engineer misalnya rambutnya dicat, agak panjang, jabrik, dan awut2an kayak gitu.

Kalo yang pernah nonton “Ichi rittoru no namida” (One Litre of Tears), inget ga sama gaya pak dokter spesialis (aslinya sih dia juga penyanyi) yang menangani Aya-chan? Rambutnya lumayan stylish kan? Jangan kira itu cuma di film, sehari2 banyak profesi “serius” (I mean not in the entertainment business) yang penampilannya funky. Beberapa dokter yang pernah saya dan teman2 temui lumayan funky dan hansamu ;)

Gimana dg kaum cewe? Ya tentu sama dong… Kalau yang kayak gini, ini dandanan standar. Banyak cewe mahasiswi, ataupun ibu2 muda yang pakai gaya spt ini:

hairdo32.jpg

Atau kalau mau liat yang lebih seru, kayak ini

hrjk3.jpg

Ada yg lebih seru lagi.. tapi sudahlah.. siapa pula orang kantoran yang mau dandan gitu sehari2… Yang daily fashion aja deh..

Nah, ide nulis ini dimulai dari ketika membuka mailbox dan membuang2 junk mails. Tentunya iklan. Salah satunya adalah iklan dari salon deket tempat tinggal sobatku ini. Sekitar 100 m menuju stasiun. Oya, ada banyak sekali salon di tokyo. Satu jalan sepanjang 500 meter saja bisa memiliki salon 4-5 biji. Itu jalan yang keramaiannya sedang. Kalo di distrik yang komersial, bisa 10 biji kali. Within walking distance aja, di daerah sekitar sini (yang suburban Tokyo) ada sekitar 6-7 salon.

Balik ke iklan salon “kampung” ini. Harganya jelas membuat mules. Ini skrinsut potongan iklan tsb:

salon

Dijelasin ya…

Potong (termasuk konsultasi model, sampo, blow) JPY 4,752

Color (termasuk konsultasi model, sampo, styling):

Hair color JPY 6,825

HENNA (jangan tanya maksudnya apa, saya orang baru..) JPY 8,400

Manicure JPY 6,825

Color on Color JPY8,925

Perm (konsultasi model, sampo, cut, styling):

Liat sendiri deh… berkisar dari JPY 9,450 sampe 15,750 (dengan diskon), tanpa diskon 18,900.

Paket pake 3D digital perm (wuihh.. apa pula ini?) JPY 22,050 didiskon selama agustus menjadi JPY 18,900.

Rupiahnya? Kali aja dg 80-82 (kayaknya sih..) … Jadi motong doang kira2 Rp400 K. Cat aja Rp550 K – Rp720 K.

Kalo mau hasilnya kayak yang di foto tsb? Tergantung asal rambut pelanggan. Kalo potongannya udah ok, tinggal bagusin cat dan gayanya, kayaknya cukup “cuma” keluar 1/2 – 1 jeti Rp. Kalo perlu dipotong, kayaknya mesti keluar Rp800 K sampe Rp1.7 jt. Dengan catatan: itu di salon yang ngiklan ini ya..

Salon yang lain gimana? Ternyata variasinya lumayan. Untuk motong doang di salon2 didaerah Roppongi atau Aoyama atau Otemachi yang adalah distrik komersil termahal di Tokyo, mesti rela keluar duwit setidaknya Rp setengah jeti. Kalo pengen Perm, mulai Rp 1 jeti. Mulai lho… saya ngga tahu akhirnya berapa :D

Orang sini gemar ke salon. Makanya salon2 itu ngga pernah ngga laku. Selalu ada pelanggan. Kalau tidak salah, dulu teman cerita bahwa untuk dapet lisensi jadi hair styler di sini, dia perlu sekolah paling tidak setahun yang biayanya sekitar Rp100 jt. Entah masih berlaku ngga soal lisensi2 ini. Tapi soal biaya sekolah kayaknya tetap valid. Jadi kalau kita ke salon disini, jangan kuatir bahwa ngeluarin duwit sejuta cuma dipegang sama anak kemaren sore yg belajar motong di bawah pohon.

Salon -walau yg letaknya di suburb- biasanya desainnya cantik2. Bersih dan elegan. Jadi walau kapasitas kursinya cuma 5, tapi ambience-nya sama aja dg nyalon di Hyatt gitu.. Berminat?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: