Mengenal Diabetes

Jakarta, 14 Desember 2007

Diabetes mellitus sering juga disebut dengan the great imitator, yaitu penyakit yang dapat menyerang semua organ tubuh dan menimbulkan berbagai keluhan. Penyakit ini timbul secara perlahan-lahan, sehingga seseorang tidak menyadari adanya berbagai perubahan dalam dirinya. Perubahan seperti minum menjadi lebih banyak, buang air kecil menjadi lebih sering, dan berat badan yang terus menurun, berlangsung cukup lama dan biasanya cenderung tidak diperhatikan, hingga seseorang pergi ke dokter dan memeriksa kadar glukosa darahnya.
Secara medis Diabetes Mellitus (DM) adalah kondisi abnormalitas metabolisme karbohidrat yang disebabkan oleh defisiensi insulin, baik defisiensi absolut maupun relatif. Hal tersebut terjadi jika sel beta pada pulau Langerhans pankreas mengalami kerusakan, sehingga jumlah insulin yang disekresikan berkurang. Hal tersebut menyebabkan timbulnya hiperglikemia, yaitu konsentrasi glukosa darah yang melebihi kisaran normal.
Penyebab diabetes mellitus sebenarnya bisa dengan berbagai macam cara misalnya:Genetik atau Faktor KeturunanDiabetes mellitus cenderung diturunkan atau diawariskan, bukan ditularkan. Anggota keluarga penderita DM (diabetisi) memiliki kemungkinan lebih besar terserang penyakit ini dibandingkan dengan anggota keluarga yang tidak menderita DM. Para ahli kesehatan juga menyebutkan DM merupakan penyakit yang terpaut kromosom seks atau kelamin. Biasanya kaum laki-laki menjadi penderita sesungguhnya, sedangkan kaum perempuan sebagai pihak yang membawa gen untuk diwariskan kepada anak-anaknya.Virus dan BakteriVirus penyebab DM adalah rubela, mumps, dan human coxsackievirus B4. Melalui mekanisme infeksi sitolitik dalam sel beta, virus ini mengakibatkan destruksi atau perusakan sel. Bisa juga, virus ini menyerang melalui reaksi otoimunitas yang menyebabkan hilangnya otoimun dalam sel beta. Diabetes mellitus akibat bakteri masih belum bisa dideteksi. Namun, para ahli kesehatan menduga bakteri cukup berperan menyebabkan DM.Bahan Toksik atau BeracunBahan beracun yang mampu merusak sel beta secara langsung adalah alloxan, pyrinuron (rodentisida), dan streptozoctin (produk dari sejenis jamur). Bahan lain adalah sianida yang berasal dari singkong.NutrisiNutrisi yang berlebihan (overnutrition) merupakan faktor resiko pertama yang diketahui menyebabkan DM. Semakin berat badan berlebih atau obesitas akibat nutrisi yang berlebihan, semakin besar kemungkinan seseorang terjangkit DM.
Minuman Bersoda Bukan Penyebab DiabetesDiabetes tidak disebabkan oleh faktor tunggal, makanan hanyalah salah satu faktor agar kita lebih jernih dalam menilai keberadaan minuman ringan bersoda terhadap diabetes, ada baiknya kita memperhatikan nilai indeks glikemik (IG) berbagai jenis minuman, seperti tampak pada Tabel 1.
Tabel 1. Indeks glikemik berbagai minuman
Sumber: American Journal Clinical Nutrition (2002)

Tabel 1 menunjukkan bahwa minuman jus buah 100 persen (tanpa penambahan gula) memiliki IG tingkat rendah (di bawah 55), sedangkan minuman bersoda memiliki IG tingkat sedang (55 – 70), yang lebih rendah dibandingkan IG sport drinks. Bagi yang menghendaki minuman bersoda dengan IG rendah, dapat memilih jenis yang ditambahkan pemanis sintetik sebagai pengganti gula alami. Keterangan mengenai pemakaian pemanis sintetik dapat dilihat pada komposisi bahan (ingredient) yang tercantum pada kemasan. Oleh karena itu, membaca label dengan teliti sebelum memutuskan untuk memilih suatu produk, merupakan langkah yang sangat bijaksana.
Menghindari konsumsi minuman bersoda saja, tidak akan ada gunanya dalam pengendalian diabetes, jika konsumsi makanan bergula lainnya tidak dikendalikan. Penyebab meluasnya diabetes bukan ditentukan oleh jenis makanan atau minuman tertentu, tetapi oleh tinggi rendahnya kadar gula pada bahan tersebut. Bagi penderita diabetes disarankan untuk tidak mengonsumsi secara berlebihan semua jenis makanan dan minuman berkadar gula tinggi, seperti cake, tart, pudding, dodol, manisan, dan sirup.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: